Bina KKR, Siti Winarni : Siswa Harus Bebas 8 Golongan Dan Laksanakan Trias UKS

By TRI HAYATI FITRIYANI, S.Pd 07 Agu 2018, 16:27:08 WIB
Bina KKR, Siti Winarni : Siswa Harus Bebas 8 Golongan Dan Laksanakan Trias UKS

Kab.Gresik (MAN 1 Gresik) – Senin (6/8)  Kader Kesehatan Remaja (KKR) adalah peserta didik yang dipilih guru guna ikut melaksanakan sebagian usaha pelayanan kesehatan terhadap diri sendiri, keluarga, teman, peserta didik pada khususnya dan sekolah pada umumnya.

Dalam rangka menunjang peran kader kesehatan remaja tersebut perlu adanya pembinaan. Pembinaan kader kesehatan remaja dilakukan bersama lintas sektor terkait yaitu pihak kecamatan, pendidikan, puskesmas dan kemenag. Pembinaan KKR meliputi kegiatan penemuan dini, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, dan pelatihan kader kesehatan remaja.

Sebagai perwujudan dari TRIAS UKS maka MAN 1 Gresik melakukan pembinaan KKR yang langsung dibantu oleh Pembina Kesehatan dari Puskesmas Bungah, Ibu Siti Winarni. Kegiatan tersebut telah diselenggarakan pada tanggal 6 Agustus 2018.

Dalam pembinaan kesehatan remaja ini, Siti Winarni  memberikan pengetahuan yang sangat urgent, pertama tentang kesehatan remaja yang terbebas dari bahaya delapan golongan usaha kesehatan sekolah (8 Gol UKS). Maksudnya  remaja atau generasi muda harus  terbebas dari 8 hal berbahaya bahaya, yaitu : Rokok, Kenakalan Remaja, Kehamilan Pranikah, HIV/AIDS, Narkob, Cacingan, Anemia, dan Hepatitis B.

Beliau juga memberikan Siswa  pengetahuan tentang pentingnya pelaksanaan kegiatan TRIAS UKS yang meliputi : Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Kehidupan Sekolah Sehat.  (MAN 1 GRS)