H.Supandi : Imbas Data EMIS Mendapat Pahala Atau Dosa Besar

By TRI HAYATI FITRIYANI, S.Pd 15 Mei 2018, 10:42:18 WIB
H.Supandi : Imbas Data EMIS Mendapat Pahala Atau Dosa Besar

Kab. Gresik (PendMa) - Mudah saja untuk mencari pahala atau dosa yang besar, bila menagani dengan baik dan benar data Emis maka pahala besar akan didapatkan dari insan tenaga kependidikan dan sebaliknya bila data Emis diacak dan ditangani  tidak baik dan tidak benar maka dosa besar pasti akan didapatkan. Pentingnya penguatan data Emis ini sangat mempengaruhi kelancaran BOS, BoP, PIP, UN dan masih banyak masalah pentiong lainnya. Demikian awal sambutan Kakankemenag Kabupaten Gresik H. Supandi.

Sambutan ini diberikan saat membuka dan memateri kegiatan "Penguatan Data Pendidikan Emis Pendidikan Pada Madrasah Bagi Operator Emis MI, MTs, dan MA Di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Gresik Tahun 2018". 

Beliau mengatakan sering kita mendengar Emis tapi tidak paham apa itu sebenarnya Emis. sehingga beliau memaparkan pada peserta definisi emis, yaitu sebuah metode manajemen formal dalam penyediaan informasi pendidikan yang akurat dan tepat waktu sehingga proses pengambilan keputusan, perencanaan, pengembangan proyek dan fungsi-fungsi manajemen pendidikan lainnya dapat dilaksanakan secara efektif. Tak kenal maka tak sayang, dengan memahami betul data Emis maka diharapkan akan memperhatikan, menjaga, dan memenyayangnya.

Materi yang beliau berikan meliputi : Menghitung Keunggulan Emis, Fungsi Data Emis, Kendala Pengelolaan Emis, 4 literatur untuk mengukur kualitas data, dan Peran Penting Operator Emis. Beliau berulang kali menegaskan bahwa para operator, baik operator Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) dalam pengisian data Emis harus sesuai dengan data yang sebenarnya, baik itu data siswa, data guru, dan data-data yang lainnya sesuai dengan kolom-kolom yang tersedia. Begitu juga data Emis harus dilaksanakan persemester atau harus terus diupdate. "Membangun data itu mahal dan sulit, tapi jauh lebih mahal dan sulit membangun tanpa data," pungkas Supandi.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kantor kementerian Agama Kabupaten Gresik melalui Seksi Pendidikan Madrasah (PendMa), yang bertempat di Aula Lantai 2 Kantor Kemenag Kabupaten Gresik pada  Senin (14/5) jam 08.30 WIB. Dengan 65 peserta tenaga kependidikan yang berasal dari MI, MTs, dan MA. Dan Besok tanggal 15 Mei 2018 juga ada kegiatan yang sama sebanyak 65 orang berikutnya.

Ketua Panitia Kegiatan, Kasubbag TU H. Munir dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan yang utama adalah menyediakan data dan inf