Jambore Penyuluh Lintas Agama Jatim 2018, Gresik Dikunjungi Kakanwil-Kabag TU-Kakankemenag

By TRI HAYATI FITRIYANI, S.Pd 10 Jul 2018, 15:04:47 WIB
Jambore Penyuluh Lintas Agama Jatim 2018, Gresik Dikunjungi Kakanwil-Kabag TU-Kakankemenag

Kab. Gresik (Inmas) - Selasa (3/7) suatu kehormatan, tenda tempat berkemah penyuluh kabupaten Gresik dikunjungi oleh tiga pejabat sekaligus, yakni orang nomor satu di Kemenag kanwil Jatim Syamsul Bahri, Kabag TU kemenag kanwil Jatim Amin Mahfud dan Kakankemenag kabupaten Gresik Supandi.  Acara ini dilakukan oleh seluruh Penyuluh Provinsi dan Kabupaten Kota Se Jawa Timur dalam label JAMBORE PENYULUH LINTAS AGAMA PROVINSI JAWA TIMUR,  dengan mengusung tema; “Rajut Ukhuwah Wathoniyah Rekatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa”.

“Kegiatan Jambore yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 s/d 5 Juli 2018 di Kanwil Kemenag Jatim ini akan dibuka langsung oleh Menteri Agama RI Bpk Lukman Hakim Saifuddin.” yang akan dihadiri Kepala Kanwil Kemenag Jatim H. Syamsul Bahri, Para Kepala dan Kasi Bimas Islam Kab/Kota Se Jawa Timur. Kegiatan ini akan diikuti kurang lebih 497 Penyuluh Agama Fungsional dan perwakilan Koordinator dan Sekretaris PAI Non PNS se Jawa Timur.

Hal ini dalam rangka program direktif ”Menteri Sapa Penyuluh” yang diselenggarakan Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf (PenaisZawa) Kanwil Kemenag Jatim. Tujuannya memperkokoh persatuan dan kesatuan Bangsa melalui Ukhuwah Wathoniyah, sehingga terbangun semangat kebersamaan dalam merajut persaudaraan sebangsa setanah air sehingga kita bisa bersama-sama membina dan mengarahkan umat yang merupakan tanggung jawab kita bersama. Serta mampu mensinergikan kegiatan dakwah dengan menghasilkan output terbangunnya “jiwa korsa”  yaitu suatu kebersamaan dua orang atau lebih yang saling menghormati, menghargai, dan membentu. Juga di dalam jiwa korsa terdapat loyalitas yang artinya kesetiaan di kalangan para penyuluh agama di Jawa Timur.   

Sesuai dengan Surat Pemberitahuan kegiatan Jambore PAI Nomor : B-2929/Kw.13.7/1/BA.00/06/2018 tertanggal 29 Juni 2018 persiapan di Jatim akan dilakukan mulai Senin, 2 Juli 2018 dimulai dengan pemasangan tenda di Lapangan Wisma Santri Kanwil Kemenag Jatim pada pukul 08.00 s/d selesai. Sedangkan Ceck In peserta pada hari Selasa, 3 Juli 2018 hari berikutnya. Dan bagi Panitia Jambore sudah harus melakukan persiapan sejak Minggu s/d Kamis, 1-5 Juli 2018 dan harus melaporkan hasil pelaksanaan tersebut kepada atasannya sesuai dengan Surat Tugas nomor : 2103/Kw.13.7/1/Kp.02.3/6/2018.

Tahun lalu kegiatan sama dilaksanakan bulan yang sam