Jelang Keberangkatan, Kepala Kemenag Gresik Beri Pemantapan Karu Karom

By TRI HAYATI FITRIYANI, S.Pd 25 Jul 2018, 15:49:30 WIB
Jelang Keberangkatan, Kepala Kemenag Gresik Beri Pemantapan Karu Karom

Kab. Gresik (PHU) - Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kankemenag Kab. Gresik, H. Supandi didampingi oleh Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah H. Moh. Zaini serta Kasubbag TU H. Munir. Dalam sambutannya H. Supandi mengatakan bahwa Karu dan Karom adalah orang-orang yang terpilih dan orang yang terdekat dengan jamaah, mereka merupakan ujung tombak dalam melayani jamaah. Disamping itu Karu dan Karom dapat membantu pelaksanaan tugas Ketua Kloter, Tim Kesehatan dan sebagainya, terlebih ketika ada jamaah yang sakit dan bermasalah baik di tanah air maupun tanah suci nantinya.

Sebanyak 53 orang Ketua Rombongan (Karom) dan 217 orang Ketua Regu (Karu) mengikuti pemantapan Karu dan Karom Jama’ah Calon Haji Kabupaten Gresik Tahun 1439 H / 2018 M di Gedung Pusat Penelitian Semen PT. Semen Indonesia Tbk. hari  Selasa (24/07) . Dan dilanjutkan besok hari Rabu tanggal 25 Juli 2018.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut 25 orang petugas haji yang meliputi TPHI (Team Pemandu Haji Indonesia), TPIHI (Team Pembimbing Ibadah Haji Indonesia),TKHI (Team Kesehatan Haji Indonesia), dan TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Seksi PHU (Penyelenggara Haji dan Umroh) Kankemenag Kab. Gresik di mulai dengan arahan dari Kakankemenag, H. Supandi. Beliau menyampaikan acara kali ini bertujuan untuk memantapkan peran dan fungsi Karu dan Karom pada musim haji tahun ini.

Kemudian dilanjutkan dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dan materi Pelayanan ibada haji di tanah air dan Arab  Saudi yang disampaikan oleh Moch. Amin Mahfud selaku Kabag TU Kanwil Kemenag Prov. Jatim. Selanjutnya kasi PHU Kankemenag Kab. Gresik memberikan materi Waqiyah dalam manasik haji disampaikan. (TRI.HF)