KAKANMENAG GRESIK MEMBERIKAN MANASIK HAJI DI KUA KEBOMAS GRESIK.

By Fudla 10 Jul 2018, 15:39:55 WIBUmum
KAKANMENAG GRESIK MEMBERIKAN MANASIK HAJI DI KUA KEBOMAS GRESIK.

Kab. Gresik (Inmas) Ibadah Haji adalah berkunjung ke baitullah (Ka’bah) untuk melakukan beberapa amalan antara lain : wukuf, mabit, thawaf, sa’I dan amalan lainnya. Untuk dapat melaksanakan itu kepala kantor Kemenag Gresik H. Supandi memberikan manasik Haji di KUA Kebomas Gresik. Hari  Senin tgl 9 Juli 2018 dengan peserta sebanyak 308 orang dengan materi Kebijakan Pemerintah tentang ibadah haji. Pelaksaan manasik haji mulai tgl 9 sampai tanggal 15 Juli 2018.

Jemaah haji  yang telah terdaftar dan kuotanya masuk dalam tahun berjalan diberikan pembinaan kesehatan, tuntunan untuk menjaga kebugaran agar jangan sampaik sakit pada saat berangkat, selama di Makkah dan Madinah dan pulang tetap sehat sehingga dapat menjalankan ibadah haji dengan sempurna. Demikian dikatakan oleh H. Supandi Kepala kemenaa Kab. Gresik pada saat memberikan manasik haji. Lebih lanjut disampaikan selama perjalanan dari rumah ke asrama haji, embarkasi diminta memperbanyak do’a dan dzikir. Ketika berangkat menuju bandara dilarang membawa barang yang berbahaya seperti benda tajam, barang mudah meledak, dan lain sebagainya. Untuk jamaah ketika di makkah disiapkan makan sebanyak 40 kali, di Madinah 18 kali,di Bandara Jeddah 1 kali kedatangan dan 1 kali kepulangan, di Armina 15 kali. Pergunakan untuk ibadah sepenuhnya mumpung di Makkah dan Madinah karena ibadahnya di sana pahalanya satu kali sholat sama dengan 100 kali sholat Masjid di Indonesia.

Tiba di bandara kedatangan Arab Saudi jangan lupa tas tentengan dan paspor, pemeriksaan selama 2 jam. Dilanjutkan perjalanan ke Madinah/ Makkah. Aktifitas selama di Madinah jamaah melaksanakan sholat fardlu arbain  di masjid, kemudian untuk jamaah yang di Makkah biasanya selain melaksanakan sholat Fardlu di Masjidil Haram mereka juga melaksanakan Umrah. Perhatikan kondisi kesehatan sehingga pas pada waktu haji tiba tetap sehat. Demikian Pintanya. (FUDLLA)