Kasi PendMa Membuka Diklat Kepala Perpustakaan MTs GRESIK

By 20 Jun 2016, 09:06:23 WIB
Kasi PendMa Membuka Diklat Kepala Perpustakaan MTs GRESIK

Pendidikan dan Pelatihan Kepala Perpustakaan MTs Kabupaten Gresik angkatan ke III secara resmi dibuka oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Gresik, H. M. Muafaq Wirahadi, Sabtu (13/2). Diklat yang dilaksanakan selama 10 hari (100 JPL) tersebut dilaksanakan di Gedung Pendidikan Islam MTs Negeri Gresik dan diikuti oleh 40 peserta calon Kepala Perpustakaan. Diklat tersebut terlaksana berkat kerja sama antara KKMTs Kabupaten Gresik dengan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya.

Dalam sambutanya, Kasi Pendma mengharapkan agar peserta Diklat betul-betul mengikuti kegiatan Diklat secara keseluruhan dan betul-betul menyimak materi yang disampaikan Narasumber, sehingga nantinya akan menjadi kepala Perpustakaan yang professional, mampu memberikan sumbangsih yang positif bagi lembaganya masing-masing.

Dalam penyampaian materi tentang kebijakan Kementerian Agama di bidang Pengembangan Madrasah. Beliau menyampaian ada 11 program prioritas kemenag dalam hal Pendidikan Madrasah, yaitu Penataan Regulasi Madrasah, Percepatan Akreditasi Madrasah, Kualifikasi dan Sertifikasi Guru, Peningkatan Kompetensi Kepala Madrasah, Peningkatan Kompetensi Pengawas, Madrasah Unggul, Peningkatan Kualitas Infrastruktur, Peningkatan capaian Nilai UN, Pengembangan Madrasah berbasis Perencanaan, Pengembangan Teknologi Informasi dan Peningkatan Kapasitas tata kelola.

Sementara itu, Ketua KKMTs Kabupaten Gresik, Masfufah, dalam sambutanya menyampaikan, sesuai amanat Peraturan menteri Pendidikan Nasional No. 25 Tahun 2008, bahwa setiap Madrasah dapat mengangkat Kepala Perpustakaan dengan persyaratan yang telah ditetapkan dalam Permendiknas ini. Seorang Kepala Perpustakaan harus memiliki beberapa Kompetensi, salah satunya adalah Kompetensi Manajerial yang meliputi kemampuan memimpin tenaga perpustakaan, kemampuan merencanakan program perpustakaan, kemampuan melaksanakan program perpustakaan, kemampuan memantau pelaksanaan program, dan kemampuan mengevaluasi program perpustakaan. (hms)

Selamat dan bravo untuk peserta Diklat Kepala Perpustakaan angkatan III.

semangat … semangat … semangat.!!!