KASUBAG TU GRESIK BERIKAN MANASIK HAJI DI KUA SIDAYU

By Fudla 12 Jul 2018, 15:55:27 WIBUmum
KASUBAG TU GRESIK BERIKAN MANASIK HAJI DI KUA SIDAYU

Kab Gresik (haji), berlangsung mulai tanggal 30 Juni 2018 kemudihan dilanjutkan  tanggal 1,2,3,4 dan 7 juli 2018 bertempat di Masjid Jami’ Darul Hikmah Racitengah Sidayu pembinaan Manasik Haji yang dilaksanakan oleh KUA Kec. Sidayu Gresik, dengan jumlah jamaah haji sebanyak 78 orang.

H. Munir kasubag Tata Usaha Kemeng Gresik memberikan materi Manasik haji mengenai perjalanan haji dalam penerbangan, meliputi tata cara tayamum di pesawat, tata cara menggunakan fasilitas pesawat, makan dan minum di pesawat, membaca Al Qur’an, do’a dan dzikir di pesawat dan menjaga keselamatan di pesawat. Calon jamaah haji yang rata-rata orang desa  yang belum pernah naik pesawat maka perlu diberikan informasi yang jelas dan lengkap sehingga ketika masuk pesawat tahu apa dan harus berbuat apa di dalam pesawat. Selama dalam perjalanan tidak diperkenankan merokok dan menyalakan HP. Tata cara pelaksanaan shalat di pesawat ; duduk dikursi dengan posisi biasa, qiblatnya mengikuti pesawat, melakukan seluruh rukun shalat semampunya dengan isyarat.

Lebih lanjut kasubag tu H. Munir menjelaskan agar jamaah memperhatikan tata cara penggunaan wc, hati-hati dalam menggunakan air jangan sampai tercecer dilantai pesawat karena karena akan membahayakan pesawat. Perhatikan pemutaran film manasiik haji yang diputar di pesawat dalam perjalanan, jika ada jamaah yang sakit agar segera menghubungi petugas kesehatan. (FUDLLA)