Kegiatan MATSAMA di MTsN Gresik

By Administrator 21 Jul 2016, 16:12:21 WIBUmum
Kegiatan MATSAMA di MTsN Gresik

Pengenalan terhadap lingkungan madrasah bagi peserta didik baru di MTs. Negeri Gresik kali ini dikemas menarik. Tidak hanya itu semua kegiatan diintegrasikan dengan lingkungan hidup. Hal ini sejalan dengan misi madrasah dan program Adiwiyata yang merupakan program unggulan di madrasah yang dipimpin oleh Ibu Masfufah ini. Kegiatan MATSAMA sendiri berlangsung selama 3 hari mulai Senin-Rabu, 18-20 Juli 2016 Mereka mendapatkan beberapa materi seperti dinamika kelompok, tata upacara sekolah, pengenalan program madrasah dan kegiatan ekstrakurikuler, wawasan wiyata mandala, tata tertib madrasah serta bakti sosial. Aktifitas keagamaan juga diselipkan pada kegiatan ini, seperti sholat dhuha dan dhuhur berjamaah serta muhasabah dengan berbagai tema menarik.

Pada pelaksanaan bakti sosial, membuat pot bunga dengan botol air mineral bekas menjadi hal yang begitu unik bagi peserta MATSAMA. Dibutuhkan kreatifitas dan kerja kelompok yang solid sehingga bisa menyelesaikan pot bunga dengan tepat. Hasil karya mereka kemudian diberi media tanah dan ditanami aneka bunga yang sudah dibawa dari rumah. Tidak berhenti di situ, mereka harus menempelkannya di beberapa tempat yang sudah ditentukan panitia. Ini merupakan bentuk kepedulian peserta didik terhadap lingkungan madrasah, yang akan menjadi tempat belajar mereka selama 3 tahun mendatang,Ungkap Iwan Hadi Saputro, ketua panitia MATSAMA yang juga menjabat sebagai wakil ketua program Adiwiyata.

Kegiatan MATSAMA berakhir pada hari Rabu, 20 Juli 2016. Pada upacara penutupan peserta juga menampilkan beberapa atraksi seni seperti sholawat, karaoke lagu islami dan stand up comedy. Atraksi pantomim oleh perwakilan guru menjadi suguhan yang cukup menyegarkan suasana. Sekitar pukul 15.00 acara ditutup oleh PKM Kesiswaan Ibu Nor Bayanah Ayu Kartika. Dalam sambutannya, beliau mengharapkan agar ilmu yang didapatkan selama kegiatan ini menjadi bermanfaat dan peserta didik menjadi lebih siap menerima pelajaran pada esok harinya.