Kultum Sholat Dhuhur, KH. Nur Cholis Mansyur : Kedahsyatan Puasa Ramadhan Sebagai Bulan Kesabaran

By TRI HAYATI FITRIYANI, S.Pd 23 Mei 2018, 15:18:01 WIB
Kultum Sholat Dhuhur, KH. Nur Cholis Mansyur : Kedahsyatan Puasa Ramadhan Sebagai Bulan Kesabaran

Kab.Gresik (Penyelenggara Syari’ah)- Rabu (23/5) Kultum setelah sholat Dhuhur hari ini oleh unsur ormas KH. Nur Cholis Mansyur. Beliau memberikan tausiah motivasi tentang kesabaran dan pahala di bulan romadhon.

Beliau mengatakan, salah satu dari sekian banyak hikmah ibadah di bulan suci Ramadhan adalah melatih manusia mengamalkan kesabaran. Seringkali kita melihat betapa banyak manusia yang tidak tahan untuk bersikap sabar. Karena mungkin belum mengetahui kedasyatan bersabar di bulan Ramadhon khususnya, dan dilanjutkan diluar bulan Ramadhan.

Dalam sebuah hadistnya, Rasulullah mengatakan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan kesabaran:  “Bulan Ramadhan adalah bulan kesabaran dan ganjaran kesabaran adalah masuk surga.” Dalam Surat An-Nahl: 96 ALLAH berfirman: “Dan kami pasti akan memberikan balasan kepada mereka yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”

Sabar adalah inti ajaran Islam dan iman. Bersabar artinya mengendalikan dan memaksa nafsu untuk melaksanakan ketentuan syariat. Sabar adalah saudara dari syukur, karena syukur tidak akan sempurna tanpa kesabaran. Barangsiapa yang bersabar, maka ia telah bersyukur atas nikmat ALLAH yang dikaruniakan kepadanya. Jika kepentingan nafsu dan agama saling bertentangan kemudian kita mengutamakan kepentingan agama, maka berarti kita telah mewujudkan maqom (kedudukan) sabar.

Sabar juga diaplikasikan manusia dengan  taat kepada Allah dan Rosulullah. Mereka nanti di akherat akan mendapat kenikmatan berkumpul dengan rosulullah.  Termasuk orang yang beramal di jalan Allah atau jihad, maka mumpung bulan Romadhon, Allah membuka seluas-luasnya rahmat dan ampunan,  maka marilah dengan senang hati kita meraihnya. Walaupun puasa dalam cuaca panas,  bila didasari  niat mencari ridho Allah maka akan kuat. Tapi bila  sebaliknya walaupun sejuk hujan, bila tidak niat karena Allah maka tidak akan  kuat menjalani puasa.

Pahala bulan romadhon dilipat gandakan, beramal sunah diberi pahala seperti ibadah wajib; sedangkan beribadah wajib pahalanya akan dilipat gandakan pahalanya menjadi 70 kali lipat dibanding pada bulan yang lain. Rasulullah saw. bersabda : Dari Salman Al-Farisi ra. berkata : Rasulullah saw. memberi khutbah kepada kami di hari akhir dari bulan Sya’ban dan bersabda : “Hai sekalian manusia akan datang bulan yang agung (Ramadhan)