LAYANAN SIMPATIKA (Sistem Informasi Menejemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan) Untuk Guru Pendidika

By 01 Jul 2016, 10:55:08 WIB

Bertempat di Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama kabupaten Gresik, telah dilaksanakan Layanan SIMPATIKA (Sistem Informasi Menejemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan) . Untuk Seksi PAIS Kementerian Agama Kabupaten Gresik Dimulai Tanggal 20 -30 Juni 2016, dan Admin dari simpatika ini adalah Rahmawati Kahar, S. E. I . Adapun Jumlah  Guru PAI yang yang harus masuk dalam simpatika 1054 orang. 

Seperti yang kita ketahui bahwa layanan aplikasi Padamu Negeri akan segera ditutup. Akan tetapi sebagai gantinya, Kementerian Agama (Kemenag) akan meluncurkan aplikasi baru yang dinamakan dengan layanan Simpatika kemenag.siap.id untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang ada di bawah naungan Kemenag. Nah, sebagai layanan yang tergolong baru, tentu saja ada beberapa kawan-kawan guru kita yang belum bisa mengaplikasikan. bagaimana Cara Daftar Simpatika kemenag.siap.id . Untuk itu, kami akan berbagi sedikit informasi tentang Cara Daftar Simpatika  :

. - Pertama kali dilakukan adalah dengan membuka layanan SIMPATIKA  http://kemenag.siap.id, lalu pilih Login Admin/Operator Sekolah.

- Setelah itu, masukan Email/NUTPK/PegID yang ditunjuk sebagai admin sekolah.

- Lalu pilih saja PADAMU SEKOLAH.

- Pada dasbor PADAMU SEKOLAH akan muncul beberapa menu, pilih menu PENDIDIK & TENAGA KEPENDIDIKAN > REGISTRASI PTK, lalu klik ENTRI FORMULIR A05.

- Setelah itu  muncul tampilan Registrasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, lengkapi Data Pegawai, bila sudah lalu  klik LANJUT.

- Selanjutnya akan muncul halaman Konfirmasi, lalu klik SIMPAN.

- Setelah itu, Klik CETAK untuk mencetak Surat Aktivasi Akun.

- PTK mendapat Surat Aktivasi Akun PTK (PegID) / form S02c.

- Selanjutnya, arahkan PTK tersebut untuk melakukan Aktivasi Akun dan Pengisian Data PTK.

 Guru PAI berbondong-bondong ke Seksi Pendidikan Agama Islam untuk memverval di Simpatika, karena dibatasi sampai pada tanggal 30 Juni 2016 pukul 24.00 WIB sebagai batas akhir verval untuk semester ini.

Jika sebelumnya, guru-guru Pendidikan Agama Islam disekolah umum memverifikasi dan validasi (verval) data dirinya di PADAMU NEGERI dan DAPODIK milik Dinas Pendidikan, maka saat ini mereka harus menverval data mereka di Simpatika (Sistem Informasi Menejemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan) milik Kementerian Agama, Oleh karena itu sejak disosialisasikan pada Aw