Megengan Khotmil Qur’an, H.Supandi : Ajaran Islam Itu Rahmatan Lil ‘Alamin Bukan Terorisme

By TRI HAYATI FITRIYANI, S.Pd 16 Mei 2018, 15:03:05 WIB
Megengan Khotmil Qur’an, H.Supandi : Ajaran Islam Itu Rahmatan Lil ‘Alamin Bukan Terorisme

Kab.Gresik (Inmas)- Rabu (16/5) Rosulullah mengajarkan kita untuk saling berkasih sayang baik pada sesama umat islam maupun bukan islam, baik pada manusia maupun  semua alam semesta, inilah salah satu ajaran islam yang disebut dengan rahmatan lil ‘alamin. Maka sangat tidak benar bila sekarang kita jumpai di sosmed dan televisi bahwa islam adalah teoris, dan tidak benar teroris itu adalah ajaran islam. Karena ajaran islam adalah ajaran  penuh dengan kasih sayang kepada semua manusia dan alam, maka disimpulkan islam bukan teroris dan teroris bukan islam . Satu lagi saya tekankan agama islam atau agama apapun, tidak ada yang memberikan ajaran kekerasan apalagi terorisme. Demikian sambutan kepala Kankemenag Kabupaten Gresik H. Supandi yang disampaikan pukul 13:00 wib pada acara Megengan Khotmil Al-Qur’an di mushollah Ar-Royyan. 

Sambutan beliau diatas ada benang merah dengan kegiatan pagi tadi pukul 08:00 wib di Kodim 0817 Gresik dalam acara “Fokus Grup Diskusi bersama tokoh lintas agama dan ormas kepemudaan kab,Gresik dalam rangka memperkuat kerukunan antar umat beragama guna menagkal radikalisme dan terorisme di wilayah kabupaten Gresik”.

Beliau juga memberikan arahan dan nasehat bahwa membaca dan mempelajari Al-Qur’an adalah sangat penting. Karena banyak sekali ilmu sebagai pedoman bagi kita dalam menjalani kehidupan. Beliau menyarankan untuk membiasakan membaca Al-Qur’an 15 sampai 30 menit sebelum jam masuk kerja 07:30 wib. Beliau juga menyarankan selain membaca juga memperbaiki bacaannya sesuai ilmu tajwid dan memahami isi Al-Qur’an. Agar hidup menjadi damai dan benar arahnya.

Kankemenag Kab Gresik mengadakan Megengan dengan Khotmil Qur’an menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1439 H. Acara ini juga bisa disebut sebagai Megengan, yaitu suatu tradisi masyarakat Jawa dalam menyambut bulan Ramadhan, megengan diambil dari bahasa Jawa yang artinya menahan. Ini merupakan suatu peringatan bahwa sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan, bulan dimana umat Islam diwajibkan berpuasa, yaitu menahan untuk tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat menggugurkan ibadah puasa tersebut.

Acara ini dimulai pukul 06:30 wib dan diikuti oleh 60 pegawai pns kankemenag stuktural dan fungsional , pegawai non pns, beserta masyarakat sekitar. Acara ini diadakan dari pukul 06:30 WIB dengan menghatamkan Al-Qu