MTsN Gresik Terima Kunjungan Tim Edukasi Keamanan Pangan BPOM Jawa Timur

By TRI HAYATI FITRIYANI, S.Pd 12 Okt 2018, 08:29:38 WIB
MTsN Gresik Terima Kunjungan Tim Edukasi Keamanan Pangan BPOM Jawa Timur

Kab. Gresik (MTsN Gresik) - Kantin Sehat MTsN Gresik mendapat kunjungan dari Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) Suarabaya, Jawa Timur. kedatangan mereka didampingi oleh Dinkes Kabupaten Gresik. kunjungan kali ini adalah melakukan serangkaian uji pemeriksaan makanan yang di jual di kantin. "selain bergizi makanan yang dijual kepada anak-anak juga harus sehat aman dari zat berbahaya", ungkap Tim BPOM. Rabu, (11/10)

Pada Kabupaten Gresik terdapat 13 Sekolah/madrasah yang menjadi kunjungan BPOM sebagai calon Bintang Kantin, salah satunya adalah di MTsN Gresik. Bukan dalam rangka Penilaian atau perlombaan, melainkan tujuan utama dari kedatangan BPOM Surabaya, Jawa Timur tersebut untuk memberikan Piagam "Bintang Kemananan Pangan Kantin Sekolah" bagi yang benar-benar sehat dan bergizi dari makanan yang dijual dan dikonsumsi oleh anak-anak di madrasah. Pemeriksaan makanan dilakukan untuk mengantisipasi dan mengetahui kandungan makanan yang berbahaya antara lain Boraks (bahan pengawet), Rodamin B (bahan pewarna merah), Methanil Yellow (bahan pewarna kuning).

Tim BPOM melakukan pemeriksaan dan chek kandungan zat yang ada di beberapa makanan. dengan menggunakan alat yang simpel yaitu Test Kit Boraks, Test Kit Formalin, Test Kit Methanil Yellow, dan Test Kit Rhodamin B. Mereka mengambil sampel jajanan seperti; jajanan ote-ote (weci), martabak mie, tempe goreng, dst.

Ahmad Jamil selaku kepala MTsN Gresik berharap bahwa makanan yang di jual di kantin madrasah tidak mengandung zat berbahaya. sehingga peserta didik merasa aman mengkonsumsi makanan tersebut. Jelas Ahamd Jamil. (abd)