Pondok Ramadhan MTsN Gresik, “Bersama Meraih Pahala di Bulan Ramadhan”

By TRI HAYATI FITRIYANI, S.Pd 08 Jun 2018, 08:50:28 WIB
Pondok Ramadhan MTsN Gresik, “Bersama Meraih Pahala di Bulan Ramadhan”

Kab. Gresik (MTsN Gresik) Kalimat di atas adalah tema kegiatan pondok ramadhan 1439 H di Madrasah Tsanawiyah Negeri Gresik. Tema tersebut dipilih karena mengingat bulan ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa. Bulan dimana setiap pahala dari apa yang kita kerjakan akan dilipatgandakan, sehingga MTsN Gresik mengajak kepada seluruh warga baik peserta didik, dewan guru, dan karyawan untuk bersama-sama meraih pahala sebanyak-banyaknya di bulan yang penuh ampunan, rahmat, berkah, dan limpahan pahala.

Kegiatan pondok ramadhan 1439 H di MTsN Gresik dilaksanakan mulai tanggal 30 Mei s.d 7 Juni 2018. Pelaksanaanya di bagi menjadi dua gelombang yaitu gelombang pertama diikuti oleh peserta didik laki-laki dari kelas 7 dan 8, sedangkan gelombang kedua diikuti oleh seluruh peserta didik perempuan dari kelas 7 dan 8.

Selama kegiatan pondok ramadhan, peserta didik diajak untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya dengan cara mengikuti seluruh rangkaian kegiatan diantaranya kegiatan ibadah dan materi keagamaan.

Untuk kegiatan ibadah, pagi hari di awali dengan pelaksanaan shalat dhuha berjamaah, sebelumnya diisi dengan bacaan surat-surat yang sudah biasa dibaca sebelum bulan ramadhan yaitu surat al-Mulkal-W?qi’ah, dan al Rahman. Selain itu tadarrus al-Qur’an di masing-masing kelas sebelum pelaksanaan shalat dhuhur menjadi penutup rangkaian kegiatan pondok ramadhan setiap harinya.

Sedangkan untuk materi keagamaan, peserta didik mendapatkan materi yang berhubungan dengan Fikih, Akhlak, dan Praktek. Untuk materi Fiqih tema yang diberikan kepada peserta pondok ramadhan adalah berhubungan dengan Thoharah (bersuci), aqil baligh, dan zakat. Untuk materi Akhlak peserta pondok ramadhan diajarkan tentang adab terhadap orang tua. Dan untuk prakteknya peserta pondok ramadhan mempraktekkan tata cara mengurus jenazah (kifayatul janazah) mulai dari cara memandikan, mengkafani dan menshalati.

Ibu Mamnu’ah selaku ketua panitia berharap kepada peserta pondok ramadhan, bahwa setelah mendapatkan begitu banyak materi yang diberikan bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, juga memotivasi untuk selalu melakukan kegiatan positif terutama memperhatikan ibadah khususnya ibadah di bulan ramadhan. Selain itu, apa yang sudah didapatkan selama beberapa hari bisa memberikan manfaat. “ ungkap ibu Nu’ (nama panggilan akrab) (red/miftah/abd)