Rakor FKG PAI TK , Supandi : Pendidikan Agama dan Keagamaan Dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik

By TRI HAYATI FITRIYANI, S.Pd 04 Des 2017, 08:25:01 WIB
Rakor FKG  PAI TK ,  Supandi : Pendidikan Agama dan Keagamaan Dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik

Kab.Gresik (Inmas PAIS) - Kamis (23/11/2017) sekitar pukul 08.00 WIB di Aula Lantai satudiadakan agenda Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Guru (FKG) PAI TK Seksi Pendidikan agama Islam Kantor Kementerian agama Kabupaten Gresik. Kepala Kankemenag Gresik Supandi membuka sekaligus memberi materi yang pertama bertajuk Pendidikan Agama dan Keagamaan dalam Bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia. Bahwa setiap anak didik berhak mendapatkan pengajaran agama sesuai dengan agama yang dianutnya. Sebagai seorang guru harus memahami peraturan-peraturan pendidikan. “siapa yang membuat peraturan pendidikan ?” tanya beliau untuk membangkitkan rasa ingin tahu peserta. Beliau melanjutkan, yang membuat peraturan bukan Diknas tetapi DPR sebagai perumus aspirasi rakyat.  Struktur yang tertinggi yaitu undang-undang kemudian peraturan pemerintah lalu peraturan menteri, tambah H. Supandi, beliau bertujuan agar peserta  paham dan mengerti.

Para peserta mendengarkan dengan penuh seksama semua penjelasan dari Kakankemenag, yang terdiri dari 30 peserta dari guru pendidikan agama islam (PAI) TK se-Kab.Gresik. Acara dimulai dengan bersama menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars dan Himne Madrasah dipimpin oleh Ike Tussholikha. dilanjutkanPembaca ayat suci Al-Qur’an oleh Euis Su’adah dan pembawa acara Ike Tussholikha.

Dan dilanjutkan laporan kegiatan oleh ketua panitia yaitu Kasi PAIS A. Hudaibi. Beliau mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai wadah silaturahmi, kerja bersama, sering antar dan kepada Kemenag Kab.Gresik. Beliau juga mengucapkan terimakasih atas kedatangan dan atensi yang luar biasa kepada para peserta Rakor.

Setelah Kakankemenag Supandi mengakhiri sambutan, karena ada acara Suscatin di Kecamatan maka secara bergantian pemateri tampil.  Kabid Pendidikan Non Formal Diknas Kabupaten Gresik Ahmad Shobirin, dan yang terakhir sambutan dari Ketua FKG PAI TK Ayu Mira.

Akhir acara ditutup oleh do’a dipimpin oleh ASN Seksi PAIS Raden Jamal. Seluruh peserta mengamini dengan penuh keyakinan untuk mendapatkan barokah dan manfaat dari acara ini. Amin YRA. (TRI.HF).