RAMADHAN, SUPANDI CERAMAH AGAMA DI INABAH 2018

By Fudla 22 Mei 2018, 14:13:35 WIBUmum
RAMADHAN, SUPANDI CERAMAH AGAMA DI INABAH 2018

Kab. Gresik, ( Inmas )  Senin,  21 Mei 2018  bertempat di masjid Inabah Pemerintah Kabupaten Gresik H. Supandi Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Gresik memberikan tausiyah keagamaan pada acara agama ba’da dhuhur.  Tampak Bupati Gresik H. Sambari Halim Radianto Bupati Gresik hadir ikut sholat dhuhur berjamaah. Dihadapan seluruh karyawan pemkab Gresik sekitar 200 orang ikut mendengarkan ceramah beliau

            Dalam ceramahnya dengan tema yang sudah ditentukan yaitu :  amalan – amalan di  bulan Ramadhan  yang harus dilakukan untuk mendapatkan pahala ibadah Ramadhan adalah : 1).Puasa Ramadhan,  2)  Sholat Malam (Tarawih) 3). Shadaqah Ramadhan 4). Membaca Al-Qur’an, 5). Duduk di Masjid hingga Matahari Terbit 6). I’tikaf Akhir Ramadhan, 7). Umrah Bulan Ramadhan, 8). Menghidupkan Lailatul Qadar, 9). Memperbanyak Dzikir, Doa dan Istighfar.

              Untuk itu agar pahala puasa kita utuh,  ada cara yang harus dilakukan : yaitu menjalani sunnah-sunnah puasa, serta menjauhi hal-hal yang bisa mengurangi pahala dan hikmah puasa. Adapun sunnah-sunnah puasa, antara lain adalah mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka. Sunnah yang sederhana ini adalah bagian dari kemudahan dan keindahan syariat Islam. Kita diminta mengakhirkan sahur, sebagai persiapan untuk menjalani puasa seharian. Begitu pula kita diminta menyegerakan berbuka, sebagai kebutuhan fitrah manusia yang harus diperhatikan.

Lebih lanjut Supandi menerangkan, menjaga puasa dengan menjauhi segala sikap dan tindakan yang akan mengurangi keberkahan puasa, seperti : marah tiada guna, emosional, berdusta dalam perkataan, ghibah, maupun kemaksiatan secara umum. Hal-hal semacam ini, selain dilarang bagi seorang muslim, juga akan mempengaruhi kualitas puasanya di hadapan Allah SWT. Tuturnya.

( FUDLLA)