Sosialisasi Akreditasi , Guru RA Se-Kab.Gresik Mengundang Pemateri H. Supandi

By TRI HAYATI FITRIYANI, S.Pd 04 Des 2017, 08:31:43 WIB
Sosialisasi Akreditasi , Guru RA Se-Kab.Gresik Mengundang Pemateri H. Supandi

Kab. Gresik (Inmas IGRA) - Selasa (28/11) sekitar pukul 08.00 WIB di Aula Lantai satudiadakan agendaSosialisasi Akreditasi Guru RA Se-Kabupaten Gresik. Kepala Kankemenag Gresik Supandi membuka sekaligus memberi materi  Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN). Pada pembukaan beliau mengatakan ini kegiatan yang cerdas dan luar biasa, kegiatan yang ditunggu oleh user yaitu guru-guru RA se-Kab.Gresik. Semoga kegiatan ini terus dikembangkan oleh siapapun yang menggerakkan untuk menjadi kesempurnaan. Ini adalah amal soleha yang akan dibawa bila kembali ke Ilahi Allah SWT.

Beliau memberi materi dengan diawali menerangkan UU Sisdiknas 20 TH 2003 pasal 5 ayat 1 bahwa setiap warga negara Indonesia  berhak memperoleh pendidikan yang bermutu. Beliau juga memaparkan melaui power point PP no 19 tahun 2005 dan Permendikbud. Yang secata keseluruhan berlaku untuk Akreditasi Sekolah dan madrasah antara lain :definisi akreditasi, lingkup akreditasi satuan pendidikan, tujuan akreditasi,  manfaat akreditasi, fungsi akreditasi, prinsip akreditasi, dan komponen akreditasi.

Pada akhir materi, peserta berkeinginan untuk bertanya kepada kepala Supandi. Tinik dari Kecamatan Dukun menanyakan hasil akreditasinya belum keluar atau bahkan menurut info tidak keluar. Selanjutnya dijawab oleh Kepala Supandi bahwa biarlah masa lalu yang suram tetapi sekarang ada harapan baru karena kedepan Akreditasi RA langsung ke Kemenag tidak perlu ke Diknas dan ada Pengawas Nur Hidayati yang telah didiklat dan akan membantu menangani akreditasi RA.

Para peserta mendengarkan dengan penuh seksama semua penjelasan dari Kakankemenag, yang terdiri dari 175 peserta dari guru RA se-Kab.Gresik. Acara dimulai dengan bersama menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars dan Himne Madrasah dipimpin oleh Nina Endang Yayuk, dilanjutkan Pembaca ayat suci Al-Qur’an Siti Husnah, pembawa acara Wiwik Hidayati, dan pembacado’a Hj.Nafsul Mutma’inah.

Sambutan oleh Kasi PenMa Moh.Nasim , bahwa ada  kabar gembira pertama tentang ijin operasional (Ijop) RA telah turun, dan selanjutnya adanya sertifikasi bagi guru PNS  dan sertifikasi - inpassing bagi guru non PNS. Beliau juga menambahkan bahwa guru RA yang PNS sebanyak 11 orang dan sisanya adalah Non PNS.

Sambutan berikutnya oleh pengawas dasar Nur Hidayati dengan memberi materi Akreditasi di RA.Seluruh peserta dengan penuh semangat mengikuti materi, mereka mempunyai keyakina