Sosialisasi Keputusan Menteri Agama RI No 9 Tahun 2016

By 27 Jun 2016, 12:44:05 WIB
Sosialisasi Keputusan Menteri Agama RI No 9 Tahun 2016

Sosialisasi Keputusan Menteri Agama (KMA) RI No 9 tahun 2016 berlangsung penuh keseriusan di aula Kemenag Gresik, Kamis (16/6). Sosialisasi diikuti 40 orang terdiri dari kepala Seksi, Kepala KUA, Kepala Madrasah Negeri , kelompok Kerja Pengawas dan Penyuluh Agama dilingkungan Kementerian Agama Kabupaten Gresik.

Banyak perubahan dari tata persuratan sebelumnya ke tata naskah dinas sehingga peserta diharapkan mampu mewujudkan tata naskah dinas sebagai rujukan atau acuan bagi satuan kerja/unit kerja Kemenag Kab. Gresik agar tercipta kelancaran komunikasi tulis yang efektif dan efisien antar unit kerja.

Narasumber Husnul Khotimah, Kasubag Tata Usaha Kanwil Kemenag Jatim menyampaikan bahwa, Ketentuan tentang tata naskah dinas yang berlaku untuk seluruh satuan organisasi /kerja pada Kementerian Agama telah diatur dalam peraturan Menteri Agama Nomor 16 Tahun 2006 tentang tata Persuratan Dinas di lingkungan Departemen Agama. Dengan adanya Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 80 Tahun 2012 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas Instansi Pemerintah, ketentuan dalam Tata Persuratan Dinas tersebut perlu disempurnakan.

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa ruang lingkup Pedoman Tata Naska Dinas Kementerian Agama meliputi berbagai kegiatan yang mencakup pengaturan tentang jenis dan format naskah dinas, penyusunan naskah dinas, pengurusan naskah dinas korespondensi, penandatanganan naskah dinas, penggunaan lambang negara, logo dalam naskah dinas, tata persuratan, dan penggunaan media surat menyurat. Satu contoh perubahan itu dalam penandatanganan naskah dinas harus ada paraf staf yang mengerjakan, kemudain paraf atasan/kasi, setelah itu tandatangan kakanmenag tanpa ada gelar dan NIP. Perubahan Stempel juga, perubahan itu berlaku 1 Juli 2016.