STRATEGI SINERGI PENGAWAS MADRASAH DALAM MEMBANGUN MITRA MENUJU MADRASAH HEBAT, MADRASAH BERMARTABAT

By Fudla 10 Jul 2018, 11:16:04 WIBMadrasah
STRATEGI SINERGI PENGAWAS MADRASAH DALAM MEMBANGUN MITRA MENUJU MADRASAH HEBAT, MADRASAH BERMARTABAT

Menuju madrasah hebat Madrasah bermartabat adalah impian bagi kita yang ada di Kementerian Agama  .Tidak hanya sebatas slogan,tetapi bagaimana kita bisa mewujudkannya. Untuk mewujudkan hal itu diperlukan dukungan dan kebersamaan beberapa komponen atau stakeholder yang ada.Tidak mungkin kita hanya mengandalkan dari unsur Madrasah antara lain para guru, kepala Madrasah dan pengurus.

Dalam menghadapi Kurikulum 2013 yang wajib dilaksanakan untuk semua kelas di MI,  tahun ini perlu percepatan. Keterlibatan  pengawas madrasah dalam melakukan pembinaan sangat terbatas  karena ada kompetensi yang spesifik  dalam melakukan pembinaan  para guru khususnya materi Kurikulum 2013.  Pada hari Senin sampai Rabu  tanggal 9-11 Juli 2018 telah dilaksanakan kegiatan peningkatan mutu dan kualitas Madrasah melalui *pelatihan tematik integratif untuk guru kelas dan manajemen pengelolaan tata administrasi madrasah bagi tenaga Tata Usaha / operator. Untuk kegiatan pelatihan tersebut adalah wujud tindak lanjut dari upaya kerjasama yang dilakukan oleh pengawas Madrasah saat silaturrohim bersama ketua KKG,  kekantor KPI Surabaya pada tanggal 23 Mei 2018 dipertengahan ramadhan dengan peserta sejumlah 50 orang

Untuk workshop managemen pengelolaan tata  Administrasi madrasah diikuti oleh 32 orang yang terdiri dari Kepala Madrasah dan petugas TU atau operator sekolah. Pelaksanaan pelatihan yang PAKEM  tersebut, membuat antusias para peserta dalam mengikuti jalannya diklat tematik integratif sebagai bekal melaksanakan kurikulum 2013.

Di ruangan lain yakni di lantai 2 Gedung Min 1 Gresik juga berlangsung workshop tata administrasi madrasah dengan peserta yang terdiri dari kepala madrasah beserta operator atau pegawai TU tata usaha untuk  membedah tentang pembuatan administrasi sesuai dengan pedoman dari Kementerian Agama Diharapkan dengan workshop ini manajemen dalam Pengelolaan  Madrasah semakin hebat, baik  dalam tata kelola administrasi maupun dalam proses belajar mengajar didalam kelas. Peserta mendapatkan materi dan buku pedoman  tata administrasi madrasah.

Harapannya  dengan adanya sinergi dalam bermitra bisa mendorong para guru khususnya yang belum sertifikasi untuk meningkatkan kualitasnya guna menuju  terwujudnya pendidikan di madrasah bermutu.

Jika pendidikan di madrasah bermutu,  berkualitas didukung kepala madrasah  para guru,tenaga administr