TENAGA KEPENDIDIKAN MASIH HARUS TERUS DIBINA, OLEH KAKANMENAG GRESIK

By Fudla 08 Feb 2018, 14:38:13 WIBMadrasah
TENAGA KEPENDIDIKAN MASIH HARUS TERUS DIBINA,  OLEH KAKANMENAG GRESIK

Kab. Gresik (Pendma ), Rabu 7 Februari 2018 bertempat di Gedung PKPRI Kabupaten Gresik hadir 205 orang guru terdiri dai guru dan tenaga kependidikna Madrasah Ibtidaiyah (MI) Wilayah Kec. Gresik Kabupaten Gresik untuk mengikuti acara Pembinaan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Gresik H. Supandi.

Mengawali pembinaannya  H. Supandi membacakan Undang – undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen pasal 1 ayat 1 yang berbunyi “ bahwa guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaliuasi peserta didik pada anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah “. Pasal 20 ayat 1 : Guru wajib meningkatkan dan kompetensinya secara berkelanjutan. Untuk bisa menjadi guru professional maka guru harus selalu diasah untuk meningkatkan keprofesionalannya. Guru tidak hanya mendidik tetapi juga mengajar nilai-nilai karakter pada anak didik sehingga anak didik menjadi insan yang berilmu, terampil dan berakhlak mulia sesuai Undang- uandang.

lebih lajut H. Supandi menerangkan tentang pengertian  professional  : adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu seta memerlukan pendidikan profesi. Tuturnya

Dijelaskan juga oleh H.  Supandi untuk menjadi professional seorang guru dituntut memiliki lima hal : 1). Mempunyai komitmen pada siswa dan proses belajar, 2). Menguasai bahan /mata pelajaran, 3). Memantau hasil belajar siswa, 4). Berpikir sistematis tentang apa yang dilakukannya, 5). Bagian dari masyarakat belajar dalam lingkunga profesinya.  ( FUDLLA)